Kamis, 24 November 2011

Menentukan Ide Pokok dan Solusi pada Artikel


TUGAS BAHASA INDONESIA
Tujuan  Pembelajaran    : *Siswa dapat menentukan menentukan ide pokok pada sebuah artikel.
                                                  *Siswa dapat menentukan menentukan solusi pada sebuah artikel.
Ø  Menentukan ide pokok dalam artikel
“ Bacalah” ternyata menjadi perioritas utama Tuhan, bukan uktub yang berarti “tulislah”. Membaca di mata Tuhan memiliki poin yang sangat lebih tinggi daripada menulis. Membaca merupakan awal daris egala sesuatu yang dilakukan oleh semua umat.
Seorang pemimpin biasanya terlahir dari kebiasaannya membaca. Pemimpin tidak hanya dituntut untuk mampu membaca berbagai literatur, namun dia harus juga mampu membaca karakter, membaca kondisi, membaca peluang atau membaca tantangan. Pokoknya pemimpin harus membaca ap saja dan dengan model yang apa saja. Begitulah model atau tokoh atau pemimpin yang diinginkan.
Para pemimpin lahir dari apa yang dibacanya, pemimpin tidak akan lahir jika tidak ada tulisan yang bisa dia baca. Artinya para pembaca berpotensi untuk menjadi pemimpin sedangkan para penulis berpotensi menjadi guru-guru bagi para pemimpin tersebut.
Ternyata menulis dan membaca tidak semudah yang kita bayangkan, keduanya ternyata membutuhkan keberanian, keterampilan, dan kesederhanaan.
Ø  Menentukan solusi dalam artikel
Membaca dan menulis sangatlah penting dimiliki oleh setiapo individu. Saat ini sebenanya hidup di fase transisi menuju era paperless (bukan kertas). Era tulis gores menggunakan pensil dan pulpen mulai beralih ke era tulis tekan dengan menggunakan media elektronik. Contet (fisik) tulisan pun berubah setiap fase, namun context (isi) tentulah tidak akan berubah, semua dimulai dari keberanian, keterampilan dan kesederhanaan untuk menulis sesuatu. Maka atas nama kelangsunagan peradaban umat manusia, menulislah sebelum anda dishalati.


KELOMPOK I
ANDI NABILAH TAYYIB
ANDI WAHYUNI ARDI
ASMAL HUSNA
HASRI AMELIA
VEGA VATIMA MAMORA
KELAS : X. AKSELERASI 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;